Fungsi Kepala Sekolah

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK ( EDUKATOR)

Prestasi sebagai guru (mengajar 6 jam pelajaran) :
Menyusun Program Pembelajaran.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
Melaksanakan evaluasi.
Melaksanakan analisis hasil belajar.
Melaksanakan Program Perbaikan dan Pengayaan

Kemampuan membimbing guru :
Menyusun Program Pembelajaran dan Bimbingan Konseling.
Melaksanakan Program Pembelajaran dan Bimbingan Konseling.
Mengevakuasi hasil belajar dan layanan Bimbingan Konseling.
Menganalisis hasil belajar dan layanan Bimbingan Konseling.
Melaksanakan Program Perbaikan dan Pengayaan dan Tindak Lanjut.
Kemampuan membimbing karyawan :
Menyusun program kerja.
Melaksanakan tugas sehari-hari.
Mengevaluasi dan mengendalikan kinerja secara periodik.
Kemampuan membimbing siswa :
Kegiatan ekstrakurikuler.
Mengikuti lomba di luar sekolah.
Kemampuan mengembangkan staf :
Menyertakan diklat/penataran tenaga administrasi.
Mengikutkan dalam pertemuan sejawat/MGMP/MGP.
Melalui seminar / Lokakarya / Diskusi dll.
Menyediakan bahan bacaan.
Memperhatikan kenaikan jabatan / pangkat.
Mengusulkan kenaikan jabatan.
Kemampuan mengikuti perkembangan IPTEK
Mengikuti diklat / penataran / seminar / lokakarya / workshop / MKKS dll.
Melalui bahan bacaan, karya ilmiah dll. c.Media elektronika dan media cetak.
Kemampuan memberi contoh mengajar / Bimbingan Konseling yang baik :
Memalui jadwal mengajar 6 jam pelajaran.
Membuat administrasi keguruan.
Memberikan alternatif stategi pembelajaran efektif (pemanfaatan alat Bantu pembelajaran).
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER

Kemampuan Menyusun Program Sekolah :
Memiliki Program Jangka Panjang (8 tahun), Menengah (4 tahun), Pendek (1 tahun) baik akademik / non akademik dan RAPBS.
Monitoring dan evaluasi program secara sistematik dan periodik.
Kemampuan Menyusun Organisasi Kepegawaian :
Memiliki susunan kepegawaian di sekolah.
Menyusun kepanitiaan untuk kegiatan temporer.
Kemampuan Menggerakkan Staf (guru / karyawan) :
Memberikan arahan yang dinamis.
Mengkoordinasikan staf yang sedang melaksanakan tugas.
Memberikan reward & punishment.
Kemampuan mengoptimalkan Sumber Daya Sekolah :
memanfaatkan SDM secara optimal.
Memanfaatkan dan merawat sarana dan prasarana.
Memiliki catatan kinerja SDM. d.Pemiliki Program Peningkatan Mutu SDM.
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR

Kemempuan Mengelola Administrasi KBM :
Memiliki kelengkapan data administrasi KBM, Bimbingan dan Konseling, Praktikum / Praktik, Belajar Siswa di Perpustakaan.

Kemampuan Mengelola Administrasi Kesiswaan :
a.Memiliki data administrasi kesiswaan. b.Memiliki data kegiatan ekstrakurikuler dan kelengkapan data hubungan sekolah dengan orang tua.

Kemampuan Mengelola Administrasi Ketenagaan :
Memiliki kelengkapan data administrasi tenaga guru dan karyawan.

Kemampuan Mengelola Administrasi Keuangan :
Memiliki data administrasi keuangan rutin, komite sekolah, dan sumber keuangan lainnya.

Kemampuan Mengelola Administrasi Sarana / Prasarana :
Memiliki kelengkapan data administrasi gedung / ruang, meubeler, alat laboratorium / bengkel, buku pustaka, mesin kantor, alat penunjang pembelajaran / media pembelajaran.

Kemampuan Mengelola Administrasi Persuratan :
Memiliki data administrasi surat masuk / keluar, surat keputusan / surat edaran.

D. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENYELIA (SUPERVISOR)

Kemampuan Menyusun Program Supervisi Pendidikan :
Memiliki Program Supervisi Kelas (KBM / BK), Kegiatan ekstrakurikuler, Kegiatan lainnya (Perpustakaan, Laboratorium, Administrasi Sekolah)

Kemampuan Melaksanakan Program Supervisi Pendidikan :
Melaksanakan Supervisi Kelas / Akademik (Klinis).
Melaksanakan Program Supervisi Dadakan (Non Klinis).
Melaksanakan Program Supervisi Ekstrakurikuler.
Melaksanakan Program Supervisi Perpustakaan, Laboratorium Sekolah dan Administrasi Sekolah.
Kemampuan Memanfaatkan Hasil Supervisi :
Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru dan karyawan serta pengembangan sekolah.

E. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN (LEADER)

Memiliki Kepribadian yang Kuat :
Jujur, percaya diri, bertanggung jawab, berani mengambil keputusan, berjiwa besar dapat mengendalikan diri dan sebagai panutan / teladan.

Memahami kondisi guru, karyawan, dan siswa dengan baik :
Memahami kondisi guru, karyawan, dan siswa.
Mempunyai Program / upaya untuk memperbaiki kesejahteraan guru dan karyawan.
Memanfaatkan kesempatan saat upacara bendera untuk memahami kondisi guru, karyawan, dan siswa.
Mau mendengar / menerima usul / saran / kritikan dari guru, karyawan, dan siswa melalui pertemuan / musyawarah.
Memiliki Visi tentang sekolah yang dipimpinnya:
Memahami misi yang diemban sekolah.
Mampu melaksanakan program / target dengan baik.

Kemampuan Mengambil Keputusan :
Mampu mengambil keputusan bersama warga sekolah.
Mampu mengambil keputusan untuk urusan intern dan ekstern sekolah.
Kemampuan Berkomunikasi :
Mampu berkomunikasi secara lisan dengan guru, karyawan, dan siswa serta orang tua dan masyarakat.
Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan.

F. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR

Kemampuan Mencari / Menemukan Gagasan Baru untuk Pembaharuan Sekolah :
Mampu mencari / menemukan gagasan baru (proaktif)
Mampu memilih gagasan baru yang relevan.
Mampu mengimplementasikan gagasan baru dengan baik (sinergis).

Kemampuan Melaksanakan Pembaharuan di Sekolah :
Mampu melaksanakan pembaharuan di bidang : Pembelajaran dan Bimbingan Konseling, Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Guru dan Karyawan, Kegiatan Ekstrakurikuler.
Mampu melaksanakan pembaharuan dalam menggali sumber daya dari komite sekolah dan masyarakat.
Mampu berprestasi di sekolah melalui kegiatan : ekstrakurikuler, LPIR, olimpiade sains dan komputer, kreativitas siswa dll.

G. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR

Kemampuan Mengatur Lingkungan Kerja (Fisik) :
Mampu mengatur ruang (KS, WKS, TU dll) yang kondusif untuk bekerja.
Mampu mengatur ruang kelas yang kondusif untuk pembelajaran, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang praktik dan ruang kesiswaan yang lain.
Mampu mengatur halaman lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman, dan teratur.

Kemampuan Mengatur Suasana Kerja (Non Fisik) :
Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru, sesama karyawan, guru dengan karyawan, serta mampu menciptakan rasa aman di lingkungan sekolah.

Kemampuan Menetapkan Prinsip Penghargaan dan Hukuman :
Mampu menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman kepada semua warga sekolah.
Mampu mengembangkan motivasi internal dan eksternal bagi warga sekolah.

H. M. Untung, S.Pd., M.Pd.

Kepala Sekolah

NIP : 19591110 197911 1 002
Tempat, Tgl Lahir : Batang, 10 Nopember 1959
Desa Sembung, Rt 03/ Rw 04, Kec. Banyuputih, Batang